Senin, 20 Juli 2015

TRAGEDI: SEBLAK SATU GAYUNG



SEBLAK SATU GAYUNG
Life will be not interesting when there aren’t tragedies. And life will feel so empty without laughing. *Bahasa inggrisnya bener gak sih? Kalau ada kesalahan, hubungi guru bahasa inggris aja ya~ lmao*
We meet again in this post guys! Who’s miss me? NO? Oke it isn’t problem. Kali ini gue mau bawain tragedi keabsurd-an gue yang lainnya. Dan tragedi ini udah lama banget terjadi. Sekitar... lima tahun yang lalu? Pokoknya peristiwa ini terjadi pas gue masih kelas tujuh SMP. Hal-hal yang gue inget saat SMP adalah, waktu itu gue masih lucu-lucunya. Masih cimit-cimit gitulaah... Tapi gue cukup bisa untuk memasak sesuatu di umur gue yang masih belia itu. Contohnya: masak aer, sama masak mie.
Dan ada satu lagi keahlian memasak gue yang orang lain gak ketahui. Keahlian itu adalah... yep! Memasak seblak! Gue pertama kali belajar bikin seblak itu pas SD.  Semasa SD, gue sering bergaul sama orang-orang dewasa gitu. Jadi pas mereka bikin acara masak-masakan, gue selalu ikut dan minta ajarin. Akhirnya, dengan bakat alami yang ada dalam diri, gue pun berhasil menciptakan seblak pertama gue saat menginjak bangku kelas 5 SD.
Ngomong-ngomong tentang seblak nih, gue sama temen SMP gue berencana untuk masak-masakan di rumah gue. Sebut saja ketiga sohib gue itu... Igi, Nda, sama Fina. Mereka semua sekelas sama gue: yaitu kelas 7H. Dan udah jodoh kali ya, waktu itu kita ngerasa klop aja buat temenan.
Setelah menjalani diskusi yang panjang, akhirnya kita mutusin buat ke rumah Igi dulu. Soalnya, Igi sepakat kalo dia patungannya pake kerupuk buat diseblak*berhubung ortunya Igi punya usaha kaya warung gede lagi*. Nah, pas si Igi keluar rumah dengan sekeresek besar penuh kerupuk, sontak kita semua langsung kaget sama terkagum-kagum gitu. Pasalnya, biasanya gue masak kerupuk seblak cuma seplastik kecil doang. Eh, ini malah dikasih sekeresek gede! OMG! Kalo diibaratkan, mungkin ekspresi gue kala itu adalah emot dengan mata lope lope. Haha, matre banget.
Gue bilang, “Igi, banyak-banyak amat!” basa-basi sih, hehe. Padahal mah dalam hati bersorak ceria.
Iginya bilang, udahlah gak apa-apa*kalo gak salah*. Next, sekarang waktunya kita caw ke rumah gue buat masak tuh kerupuk. Tapi sebelum itu, si Igi bilang tolong bawain nih keresek kerupuk. Karena tas gue sama tas Fina kecil, akhirnya Nda pun mengikhlaskan tasnya untuk menjadi tempat penyimpanan kerupuk barang sejenak. Dan yang bikin kita ngakak adalah, ketika Igi masukkin tuh kerupuk ke tas gendongnya Nda*yang masih nemplok di punggungnya*, tiba-tiba si Nda diem mematung gitu. Pas Igi udah selesai masukin tuh kerupuk, tetep aja tuh anak matung. Apalagi ekspresinya polos bangettt... lebih polos dari gue*eaa.
Karena ngerasa aneh, si Igi nanya kan, “Lu kenapa sih, Nda?” kira-kira begitulah. Dan sumpah demi langit dan bumi yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, si Nda ngejawab dengan polosss dan cengiran tanpa dosa. Dia bilang bahwa: “Hehe... Hitut...”
Blank. Saat itu juga gue dan Igi langsung menjaga jarak dari Nda sambil nutup idung. Sementara si Fina, yang jaraknya lumayan jauh dari kita-kita cuman bisa masang tampang cengo saat kita nutup idung sama ketawa-ketawa. Setdah, mana gak bersuara lagi tuh kentut. Tapi alhamdulillahnya, kentutnya Nda gak bau. Jadi kita tentram-tentram aja.
SKIP. Ceritanya kita udah nyampe di rumah gue dan kita pun langsung menyerbu dapur untuk melakukan ritual kita a.k.a memasak seblak.
Gue yang ngerasa udah ahli dalam bidang ini pun langsung mempersiapkan semua bumbunya. Mulai dari kencur, bawang merah, bawang putih, dan yang paling penting... cabe rawit! Oke, setelah bumbu dihaluskan, kini sampailah kita pada puncaknya yaitu... masak!
Kalau ada yang mau tau stepnya, kayak gini ya:
Pertama, masukin sedikit minyak.
Kedua, masukin bumbu yang udah ditumbuk tadi, tumis sampai wangi.
Tiga, masukin kerupuk yang sekeresek gede tadi. Dan karena gue ngerasa itu gak bakalan cukup untuk kita berempat, akhirnya gue pun nyolong sebungkus kerupuk lagi di warung nyokap gue. Untunngya sih beliau gak protes. Mungkin beliau udah memaklumi kali ya, dengan tabiat anaknya yang kelewat rakus ini.
Oke, and four... masukkin deh air secukupnya. Nah untuk step ini, gue nyiduk air segayung penuh dari ember khusus air buat masak. Terus gue minta tolong ke Nda buat masukkin tuh air ke penggorengan. Dan yang gak gue sadari adalah...
BLUSH...! Si Nda masukkin semua tuh air ke penggorengan. Sontak, mata gue langsung melotot dong. Si Igi sama Fina juga ikut tercengang sampai ilernya tumpeh-tumpeh, hehe*engga ding*. Di situ kita bertiga langsung histeris.
“NDA KENAPA DIMASUKKIN SEMUAAAA? HUAAAA...”
Kita semua teriak-teriak kayak orang gila yang abis disuntik rabies*gue tau ini gak lucu*. Bayangin aja dong, meskipun itu kerupuknya banyak, tapi kalo dikasih air segayung kan... asfagddhdjdlll huahaha I can’t explain it. I think you can imagine about that. Pokoknya, itu penggorengan udah kayak empang aja. Airnya berlimpah coy. Buat mandi satu kampung juga cukup! Satu kampung kerupuk maksudnya -_-.
Gue, Igi sama Fina pun cuman bisa pasrah pas dapet kekehan sama ucapan maaf polos dari Nda. Oke, it’s not problem for me. Karena bagaimanapun, kayu udah jadi arang. Dan kita cuma bisa nunggu sampai itu air bisa surut(entah sampai kapan).
Jeng jeng... Finally, seblak buatan kita udah jadi. Untuk penampilan sih, itu makanan udah keliatan bukan kayak seblak. Tapi lebih kayak bubur. Dan rasanya...? Jangan ditanya! Udah kayak tim/bubur! Kita juga sempat ngebully Nda gegara seblak kerupuk yang berubah jadi bubur itu. Tapi tetep aja, temen gue yang satu itu polosnya gak ketulungan! Nda cuman cekikikkan sendiri sambil minta maaf. Yah, bagaimanapun Nda tetap saudara kita. Kita pun maafin Nda dengan lapang dada. Dengan lapang dada ya, bukan lapang sepakbola. Ngikk...
Berhubung itu seblak rasanya jadi aneh dan kebanyakan, gue, Igi sama Fina pun berhenti makan. Sedangkan Nda, gue nyuruh dia buat ngabisin itu bubur kerupuk. Sayang soalnya kalau dibuang. Dan dengan mudahnya si Nda nurut sama gue. Padahal gue tau kalau dia juga udah enek makan tuh seblak. Well, gak apa-apa lah ya~ Yang penting perut kenyang! Muehehe...
See yaaa ma blog! Mumumu~
Tertanda: Makhluk Tuhan paling seksi yeahh *mencret mencret* @afPhantom0902

0 komentar:

Posting Komentar

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo